fbpx

Belajar Mengenal Ciri Aids atau Virus HIV

Published by Elvin Iswandy on

Ciri  Aids dan bagaimana belajar untuk mengetahuinya.

Saat itu, tidak semua masyarakat belajar memahami ciri bahwa AIDS bisa dialami oleh siapa pun karena ada stereotip penderita AIDS identik dengan gay, biseksual atau pengguna narkoba suntik.

Tepat pada tanggal 1 Desember setiap tahun di peringati hari aids sedunia Moment tersebut pertamakali di peringati pada 1988 untuk menambahkan kesadaran masayarakat dunia terhadap virus hiv.

Pada peringatan Hari AIDS Sedunia yang pertama, fokus pada anak-anak dan remaja. Tujuannya, untuk menumbuhkan kesadaran yang lebih besar tentang dampak AIDS terhadap keluarga, bukan hanya kelompok-kelompok yang selama distigmatisasi.

Sebelum kita belajar mengenai ciri aids atau hiv, kita perlu tau apa itu HIV, Virus imunodifisiensi manusia  menurut wikepedia sering di singkat HIV adalah sebuah spesies lentivirus penyebab AIDS. virus ini menyerang manusia dan menyerang sistem kekebalan tubuh, sehingga tubuh menjadi lemah dalam melawan infeksi jika virus ini terus menyerang tubuh lama kelamaan tubuh kita akan menjadi lemah . tanpa pengobatan, seorang dengan HIV bisa bertahan hidup selama 9-11 tahun setelah terinfeksi, tergantung tipenya. dengan kata lain, kehadiran virus ini dalam tubuh menyebabkan penurunan sistem imun.

Penyaluran virus HIV bisa melalui penyaluran  Semen (Reproduksi), darah, cairan, vagina, dan ASI. HIV bekerja dengan membunuh sel-sel penting yang dibutuhkan  oleh manusia, salah satunya adalah sel T pembantu, Makrofaga, Sel dendritik.

Setelah kita mengetahui apa itu aids atau Virus HIV, Sekarang kita belajar untuk mengetahui ciri AIDS  atau virus HIV,Gejala Awal Virus HIV dapat di lihat di bawah ini :
  1. Sakit Kepala
  2. Demam
  3. Kelelahan terus menerus
  4. Pembekakan kelenjar getah bening
  5. Sakit tenggorokan
  6. Ruam pada kulit
  7. Nyeri pada otot dan sendi
  8. Luka pada mulut
  9. Luka pada organ intim
  10. sering berkeringat di malam hari
  11. Diare

Fase Infeksi HIV atau Aids

Fase pertama HIV

Diikenal juga sebagai infeksi HIV primer atau disebut juga sindrom retroviral akut. Pada tahap ini, kebanyakan orang mengalami gejala mirip flu. Gejalanya juga sering kali mirip dengan infeksi saluran cerna atau saluran pernapasan.

Fase kedua

Ini adalah tahap laten klinis. Virus menjadi kurang aktif, meski masih dalam tubuh Anda. Anda tidak mengalami gejala apapun saat virus berkembang. Periode latensi ini bisa bertahan satu dekade atau lebih. Dalam periode laten yang bisa berlangsung hingga sepuluh tahun ini banyak orang tidak menunjukkan gejala apapun. Tahap inilah yang patut diwaspadai karena virus akan terus berkembang tanpa disadari.

Fase terakhir HIV

Fase terakhir HIV adalah AIDS. Di fase akhir ini, sistem kekebalan tubuh mengalami kerusakan parah dan rentan terhadap infeksi oportunistik. Infeksi oportunistik ialah infeksi yang menyerang orang dengan sistem kekebalan tubuh yang buruk.

Ketika HIV sudah berkembang menjadi AIDS, gejala seperti mual, muntah, kelelahan, dan demam baru bisa terlihat. Selain itu, penurunan berat badan, infeksi kuku, sakit kepala serta sering berkeringat di malah hari juga menandai AIDS pada tahapan awal.

Nah pada 1 desember ini marilah bersama sama untuk menyadarkan bahayanya aids atau virus HIV tersebut.

Karena Seks tanpa kondom, adalah faktor pemicu penularan terbanyak virus HIV atau Aids

Baca juga artikel lainya : https://sobatklik.com/ciri-dan-tanda-pasangan-yang-ber-selingkuh/


1 Comment

Rekomendasi Film Seru Yang Tayang Desember 2019 | Sobat Klik · December 2, 2019 at 1:27 am

[…] Baca juga: Ciri dan Tanda Pasangan SelingkuhBelajar Mengenal Ciri-Ciri HIV Aids […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *