fbpx

Tips Belajar Teori Warna

Published by Elvin Iswandy on

Hai sobat! ini ada beberapa tips untuk sobat belajar tentang formula warna.

Apa sih itu Warna, di sini kita akan memberikan beberapa tips belajar memahami warna, Warna memainkan peran penting dalam desain dan kehidupan sehari-hari. Itu bisa menarik sobat Anda ke suatu gambar. Terkadang hal itu dapat memicu respons emosional. Ia bahkan dapat mengkomunikasikan sesuatu yang penting tanpa menggunakan kata-kata sama sekali.

Fundametan Color

Baca Juga : Tipe Kepribadian

Tips Pertama Belajar Dasar Warna

Mari kita mulai dari awal dengan penyegaran pada dasar-dasarnya. Ingat belajar tentang warna dasar dan menengah di sekolah? Maka Anda sudah memiliki pengetahuan tentang teori warna.

Fundametan Color

Warna sekunder dibuat dengan menggabungkan dua warna primer. Merah dan kuning membuat oranye kuning dan biru menjadi hijau dan biru dan merah menjadi ungu.

Fundametan Color

Jika kita mencampur warna-warna ini bersama-sama, kita mendapatkan lebih banyak warna di antaranya, seperti merah oranye dan kuning hijau. Secara keseluruhan, mereka membentuk apa yang disebut roda warna.

Fundametan Color

Tips Kedua Pahami Hue, Saturation and Value

Sekarang setelah Sobat tahu tentang roda warna, mari selangkah lebih maju dengan rona, saturasi, dan nilai. Ini adalah istilah yang mungkin tidak sobat temui dalam kehidupan sehari-hari, tetapi itu adalah kunci untuk memahami warna yang lebih bernuansa — seperti semua keping cat kecil di toko perbaikan rumah.

Fundametan Color
  • HUE

Warna Hue pada dasarnya hanya kata lain untuk warna. Pada contoh di bawah ini, Anda dapat menggambarkan rona sebagai merah muda karang atau merah muda, tergantung pada interpretasi Anda.

Fundametan Color
  • SATURATION

Saturasi mengacu pada intensitas dengan kata lain, apakah warnanya tampak lebih halus atau lebih cerah. Warna yang sangat jenuh lebih cerah atau lebih kaya. Warna desaturasi memiliki lebih sedikit pigmen dan karenanya kurang semangat.

Gambar Saturation
Fundametan Color
  • VALUE

Value ada hubungannya dengan seberapa gelap atau terang warnanya, mulai dari hitam ke putih. Seperti yang Anda lihat di bawah, ini memberi kita banyak corak berbeda, mulai dari cokelat kemerahan hingga merah muda pastel.

Tips Ketiga Belajar Formula Warna

Ada beberapa formula untuk menentukan apakah warna itu bagus di lihat ataukah tidak? yaitu menggunakan Color Harmoni

Monochromatic

Formula yang paling mudah untuk harmoni adalah monokromatik karena hanya menggunakan satu warna atau rona. Untuk membuat skema warna monokromatik, pilih tempat pada roda warna, lalu gunakan pengetahuan Anda tentang saturasi dan nilai untuk membuat variasi.

Fundametan Color
Analogous

Skema warna analog menggunakan warna yang bersebelahan pada roda, seperti merah dan jeruk atau biru dan hijau.

Fundametan Color

Jangan takut bermain dengan palet dan buat interpretasi unik Anda sendiri. Itu semua tentang keharmonisan warna formula hanyalah titik awal untuk membantu membimbing dan menginspirasi Sobat.

Fundametan Color
Complementary

Warna komplementer saling berlawanan pada roda misalnya, biru dan oranye atau klasik merah dan hijau.

Fundametan Color

Untuk menghindari skema warna komplementer yang terlalu sederhana, tambahkan beberapa variasi dengan memperkenalkan nada yang lebih terang, lebih gelap, atau desaturasi.

Fundametan Color
Split Complementary

Skema warna split-komplementer menggunakan warna di kedua sisi komplemen.

Fundametan Color

Ini memberi Anda tingkat kontras yang sama dengan skema warna pelengkap tetapi lebih banyak warna untuk dikerjakan dan kemungkinan hasil yang lebih menarik

TRIADIC

Skema warna triadik menggunakan tiga warna yang ditempatkan secara merata, membentuk segitiga sempurna pada roda.

Fundametan Color

Kombinasi kombinasi ini cenderung sangat mencolok terutama ketika mereka menyertakan warna primer atau sekunder jadi berhati-hatilah saat menggunakannya dalam pekerjaan Anda.

TETTRADIC

Skema warna tetradik membentuk persegi panjang pada roda, menggunakan bukan hanya satu tetapi dua pasangan warna yang saling melengkapi. Formula ini bekerja paling baik jika Anda membiarkan satu warna mendominasi sementara yang lain berfungsi sebagai aksen.

Fundametan Color

nah sobat itu lah tadi beberapa tips untuk sobat mengetahui apakah suatu warna itu cocok di padukan atau tidak dengan menggunakan formula formula warna di atas.

Baca juga artikel lainya : 5 tempat live musik di jakarta


Categories: Jurnal Sobat

1 Comment

Ciri dan tanda pasangan yang ber-selingkuh | Sobat Klik · November 24, 2019 at 3:46 pm

[…] Baca juga artikel lainya : Theory warna […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *